Kamis, 27 Agustus 2015

Manfaat Daun Sukun

Menurut penelitian, daun sukun memiliki manfaat untuk mengobati  penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan penyakit kronis lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam daun sukun yang dapat mengobati penyakit tersebut. Di dalamnya terdapat kandungan tannin, polifenol, quercetin, artoindosionin dan asam hidrosionat. Selain itu, terdapat pula kandungan antioksidan jenis flavonoid dan jenis senyawa lainnya di dalam daun sukun.
Sukun merupakan tanaman yang buahnya hampir mirip dengan buah nangka dan buah durian. Tanaman yang bernama latin Artocarpus altilis memiliki buah berbentuk bulat dengan duri yang tidak setajam buah nangka atau durian. Daging buahnya sangat empuk, serasa seperti makan roti. Selain itu, buah sukun biasa diolah sebagai camilan berupa kripik di beberapa daerah di Indonesia. Sedangkan untuk buah sukun yang masih muda dijadikan sayur lodeh yang memiliki cita rasa yang nikmat. Namun, tidak hanya buah sukun saja yang bermanfaat, daun sukun juga memiliki manfaat yang tidak kalah bagusnya bagi kesehatan

Menjaga kesehatan Jantung
Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun sukun memiliki kandungan antioksidan jenis sitoserol dan flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat menangkal radikal bebas akibat polusi, sehingga terhindar dari penuaan dini dan mencegah timbulnya sel kanker serta tumor dalam tubuh.

Mencegah Diabetes
Seiring berjalannya waktu, sudah banyak penelitian yang dilakukan dengan daun sukun dan mengungkapkan manfaat sari daun sukun tersebut. Manfaat itu salah satunya adalah dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan mencegahnya. Sebab kandungan antioksidan jenis flavonoid dalam daun sukun yang telah diisolasi memiliki sifat anti diabetes kuat yang mampu mencegah dan mengobati diabetes.

Mengatasi Asam Urat
Bagi penderita asam urat, konsumsi teh daun sukun dan menyeduhnya dengan air panas, lalu tunggu sampai hangat dan jangan lupa tambahkan gula atau madu secukupnya.


Mengatasi Penyakit Ginjal
Daun sukun memiliki kandungan kalium, polifenol, saponin, asam hidrosianat, tanin, riboflavin, phenol, asetilkolin, dan tannin yang memiliki manfaat mengatasi penyakit ginjal, seperti batu ginjal. Kandungan kalium di dalam daun sukun akan menghancurkan gumpalan berupa batu pada ginjal yang akan larut bersama urine, sehingga ginjal dapat berkerja secara normal kembali. Daun sukun biasanya diolah menjadi teh yang dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat setiap harinya. Walaupun belum ada pembuktian secara medis, sudah banyak orang yang menggunakan daun sukun sebagai obat ginjal dan terbukti khasiatnya.

Menurunkan Jumlah Kolestrol
Jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Untuk mengatasi peningkatan kolesterol dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh daun sukun yang diseduh bersama bangle, lalu minum dalam keadaan hangat.


ACARA KOMIKON  
KOMICON INDONESIA
Salah satu manfaat daun sukun kering adalah membantu menyehatkan ginjal. Ramuan alami yang dibuat dari daun sukun ini sangat cocok bila dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya. Daun sukun memiliki kandungan asam amino esensial yang mana tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kita, seperti histidine, lysine, isoleusin, methionin, valin dan tryptophan.
Selain itu, daun sukun juga mengandung hidrosianat, tannin, riboflavin dan asetilcolin yang baik untuk menyehatkan tubuh termasuk menyehatkan ginjal. Anda hanya perlu mengambil daun sukun dan membersihkannya, rebuslah daun sukun yang sudah bersih dengan air sampai mendidih, setelah itu minum air rebusan daun sukun selagi hangat setiap harinya.