Sabtu, 01 Agustus 2015

Manfaat Daun Seledri Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Seledri merupakan sayuran yang tidak asing bagi kita. Biasanya digunakan sebagai penyedap masakan, juga lalapan. Seledri terdiri dari 3 jenis yaitu seledri iris, seledri tangkai dan seledri umbi. Seledri adalah sayuran super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, seledri telah lama dikenal sebagai tanaman obat yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Daun, tangkai, umbi dan buahnya memiliki kemampuan sebagai obat alami.

Kandungan Nutrisi Daun Seledri

Daun Seledri mengandung hampir semua vitamin seperti vitamin A, keseluruhan dari vitamin B kecuali vitamin B12,  vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Vitamin yang terdapat pada seledri hanya berkurang sekitar 20%, setelah dimasak. Tidak seperti sayuran lainnya yang akan kehilangan hampir seluruh kandungan vitaminnya. Daun seledri juga mengandung mineral yang bermanfaat untuk tubuh seperti fosfor, kalsium dan zat besi. Tidak hanya itu, seledri juga mengandung protein dan kalori. 

Di kalangan atlet, seledri biasa dimanfaatkan sebagai pengganti cairan tubuh yang terkuras. Jus seledri efektif untuk mendinginkan tubuh yang gerah akibat sengatan matahari. Manfaat Daun seledri lainnya silahkan anda simak di bawah ini:

Manfaat Daun Seledri Untuk Mengobati Berbagai Penyakit


Mengobati Kesemutan

Daun seledri banyak mengandung  golongan vitamin B yang efektif untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kesemutan. 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seledri mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Ketiga vitamin tersebut merupakan antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C akan menghasilkan kolagen yang melindungi jaringan kulit dan otot, serta melawan berbagai penyakit.

Mencegah serangan Jantung dan Stroke

Homosistein merupakan sejenis asam amino yang diproduksi oleh tubuh, yang dapat menyebabkan fungsi pembuluh darah terganggu serta dapat memicu penyakit kardiovaskular. Daun seledri mengandung folat yang mampu memecah asam amino menjadi molekul sederhana. Hal ini sangat baik bagi jantung anda, karena dapat mencegah serangan jantung dan stroke. [Simak: Cara Mengobati Stroke Secara Alami dan Tradisional]

Sebagai Anti Peradangan

Daun Seledri mengandung  zat anti inflamasi, serta efektif untuk mencegah nyeri sendi dan Oesteoartharitis.

Menguatkan Tulang

Daun seledri mengandung vitamin, mineral dan kalsium yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Kalsium sangat berperan dalam pembentukan dan peningkatan kerja tulang.

Mengobati Hipertensi

Daun seledri dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, serta menjaga fungsi ginjal.
[Simak: Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami]

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, beberapa manfaat lain dari daun seledri antara lain:

- Mencegah sembelit dan pembentukan batu empedu
- Seledri juga dapat mencegah kanker perut
- Seledri mampu membuat sistem saraf menjadi tenang
- Sebagai penambah nafsu makan, akar seledri efektif untuk digunakan

Menggunakan Daun Seledri sebagai Ramuan Herbal


Mengobati batuk dengan daun seledri

Sediakan seluruh bagian seledri segar, kemudian dipotong-potong. Rebus seledri ke dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring. Anda bisa menambahkan madu ketika akan meminumnya. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Mengobati Rematik

Untuk mengobati rematik menggunakan seledri, cukup dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan. Lakukan secara rutin. 

Mengobati mata kering

Sediakan daun seledri, daun kelor dan daun bayam segar, masing-masing sebanyak 1/3 genggam. Semua bahan ditumbuk hingga lumat, tambahkan sedikit garam. Tuangkan 1/3 gelas air matang, kemudian diaduk. Selanjutnya diperas untuk mengambil airnya. Minum airnya setelah disaring sebanyak 3 kali dalam sehari.

Menurunkan Tekanan darah tinggi

Sediakan 100 gram daun seledri beserta akar dan batangnya. Tumbuk hingga halus, setelah dicuci. Rebus ke dalam segelas air hingga mendidih. Setelah dingin, minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

Demikian Manfaat Daun Seledri bagi kesehatan dan untuk mengobati berbagai penyakit ringan hingga berat. Daun seledri mudah didapatkan, serta sedap untuk ditambahkan pada sup.