Rabu, 04 Maret 2015

Tips Merawat Ketiak Agar Tidak Basah, Putih, dan Harum

Tips merawat ketiak agar tidak basah kering putih dan harum. Peluh yang berlebihan di ketiak memang sering menjadi masalah. Selain megurangi kenyamanan, masalah ini juga boleh menganggu penampilan Anda. Tapi tenang, ketiak basah boleh diatasi.

Mengapa warna kulit di sekitar ketiak gelap? Benarkah mencukur bulu ketiak dan pemakaian deodorant boleh membuatnya bertambah gelap?

Secara fizik kulit di sekitar ketiak memiliki pigmen yang berbeza dari kulit disekitarnya. Inilah yang menyebabkan tampilannya lebih gelap. Ketidakseimbangan hormon juga merupakan salah satu penyebab menghitamnya daerah ketiak.

Selain faktor genetik, kulit ketiak juga dapat berubah warna kerana reaksi zat merkuri yang terkandung pada deodoran jenis roll-on. Deodorant yang mengandung alkohol juga boleh menyebabkan iritasi sehingga terjadi hiperpigmentasi yang berakibat pada hitamnya daerah ketiak. Oleh kerana itu, Anda harus lebih selektif memilih deodorant.

Bila anda termasuk golongan yang suka mencukur bulu ketiak dengan mencabutnya, yang akan terjadi pada ketiak anda iaitu iritasi menyebabkan kulit permukaan ketiak menipis.

Karena adanya rangsangan iritasi setiap harinya, kulit ketiak secara cepat menimbulkan penebalan kulit di area tersebut.

Akibatnya kulit ketiak menjadi hitam dibandingkan area sekitarnya. Selain itu penyebab lain kulit permukaan ketiak hitam adalah pemakaian deodorant atau bedak khusus ketiak adalah punca pada perubahan warna.
 

Hal seperti ini penyebabnya bukan kerana deodorantnya atau bedaknya, tetapi sisa-sisa yang tertinggal kemudian diubah oleh bakteri adalah punca utama perubahan warna di ketiak.

Adakah anda bermasalah dgn ketiak anda? Cuba tips2 ini ye..:

1. Siapkan buah lemon dan timun, kemudian peras buah lemon dan ambil sarinya. Parut timun tadi kemudian capurkan perasan lemon dengan parutan timun, campurkan dengan rata. Tambahkan parutan kunyit kedalamnya. Setelah tercampur rata bubuhkan pada ketiak anda selama 20 minit lalu bilas dengan air hangat.
2. Setiap kali habis mandi, gosokan pada ketiak anda campuran air kapur sirih dan limau nipis. Lakukanlah secara rutin.
3. Gunakan deodorant yang mengandung asam linolenat dari minyak biji bunga matahari untuk mengurangi warna hitam pada ketiak.
4. Gosokan ketiak anda dengan lulur body scrub atau lulur yang mengandung buah dan pemutih kulit, agar hasil lebih maksima.
5. Bersihkan sisa-sisa deodorant atau bedak yang melekat pada ketiak anda setiap kali anda mandi.
6. Setelah mandi keringkan badan Anda, gunakan tuala yang lembut pada bagian ketiak. Jangan terlalu keras menggosok bagian tersebut, kerana akan merosak lapisan kulit dan membuat kulit ketiak stres. Hal itu akan merangsang keluarnya keringat.
7. Akan lebih baik jika Anda mengeringkan ketiak dengan cara diangangin-anginkan saja, tanpa harus menggosoknya dengan tuala. Berbaringlah dengan keadaan terlentang, dan membuka ketiak, sampai bagian tersebut kering.
8. Setelah kering, pakaikan deodoran antiperspirant di ketiak Anda.
9. Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat, terutama di bagian ketiak kerana akan merangsang peluh untuk keluar.
10. Usahakan ketika mengeringkan ketiak Anda, harus benar-benar kering dan dingin.
11. Ketika mencukur bulu ketiak, berhati-hatilah. Jangan sampai menggores kulit ketiak, karena hanya akan membuat kulit stres dan berkeringat. Segeralah memakang deodoran untuk kulit sensitif setelah bercukur.