Jumat, 02 Januari 2015

Khasiat Cengkeh dan Manfaat Untuk Kesehatan

Khasiat Cengkeh Sebagai Obat Tradisional. Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara Eropa serta sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.

Cengkeh juga mempunyai kha$iat dan manfaat untuk Ke$ehatan.Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropi$. Minyak cengkeh banyak dimanfaatkan oleh dokter gigi $ebagai penghilang ra$a $akit. $elain itu, tanaman ini juga digunakan dalam indu$tri farma$i, penyedap ma$akan, dan wewangian.

Berikut beberapa Kha$iat Cengkeh untuk Obat herbal tradi$ional mengata$i berbagai penyakit.

Bergizi
Cengkeh kaya akan nutri$i penting dan juga vitamin tua yaitu kal$ium dan magne$ium. Cengkeh juga mampu mema$ok energi dengan jumlah yang banyak dan merupakan $erat makanan.

Antibakteri dan Anti Jamur
Cengkeh $ecara alami dan efektik melawan bakteri terutama yang menyebabkan keru$akan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh juga mengandung eugenol yang mempunyai $ifat antijamur dan efektif dapat mengata$i penyakit kulit $eperti yang di$ebabkan oleh cacing cincin.

Analge$ik
Minyak cengkeh $udah terbukti mampu untuk mengobati $akit gigi. Baru-baru ini telah $ebuah ek$perimen telah membuktikan minyak cengkah mampu $ebagai $ebagai analge$ik (obat penahan ra$a $akit).

Perang$ang $ek$ual
$ecara tradi$ional cengkeh diangga memiliki $ifat afrodi$iak untuk menaikkan $ahwat.$ebuah penelitian anggapan ter$ebut dan ha$ilnya memang terkbukti mempunyai $ifat $eperti itu. $ebuah ek$perimen juga mengatakan cengkeh mampu mengata$i ejakula$i dini.

Ramah di Perut
Cengkeh juga merupakan makanan yang terbaik untuk perut anda. Cengkeh tidak hanya membantu melawan kembung dan borok tetapi juga dapat efektif mengata$i mual dan gangguan pencernaan.

Baik Untuk Jantung
$ecara ‘ajaib’ eugnol yang dimiliki cengkeh dapat mencegah pembekuan darah dan dapat membantu mencegah $troke. Penelitian ma$ih dilakukan dan belum ada pernyataan yang mema$tikan.

Melawan Kanker
Walaupun banyak yang menentang mengenai kha$iat cengkeh melawan kanker, namun penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan $aluran pencernaan.

Mencegah Inflama$i (Radang)
Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengleh. Hal ini $angat baik karena memiliki $ifat anti inflama$i dan dapat bermanfaat bagi pa$ien rematik. Cengkeh juga dapat digunakan $ebagai ek$pektoran untuk mengobati berbagai kondi$i minor $aluran pernapa$an.

Pengu$ir Nyamuk
Banyak yang tidak mengetahui jika cengkeh mampu digunakan untuk mengu$ir nyamuk. $angat baik untuk digunakan di tempat-tempat penyebab malaria, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang ditularkan nyamuk.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Cengkeh juga diyakini untuk meningkatkan $i$tem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan.

Menghitamkan alis mata
Cara membuat dan Menggunakan :
5-7 biji bunga cengkeh kering dibakar $ampai hangu$, kemudian ditumbuk $ampai halu$ dan ditambah dengan minyak kemiri $ecukupnya. Ole$kan pada ali$ mata $etiap $ore hari.

Mengobati Campak
Cara membuat dan Menggunakan :
10 Biji bunga cengkeh direndam air ma$ak $emalam kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk $ampai merata. Lalu diminum $edikit demi $edikit $ecara teratur.

Menambah Denyut Jantung
Cara membuat dan Menggunakan :
Bunga cengkeh yang $udah kering, dikunyah di$e$ap airnya, dilakukan $etiap hari. Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir u$u$ dan lambung $erta menambah jumlah darah putih.

Mengatasi $akit gigi
Cara membuat dan Menggunakan :
Gigi yang berlubang di$umbat dengan kapa$ yang telah ditete$kan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh di$angrai $ampai halu$, lalu digiling halu$, dima$ukkan pada lubang gigi $ecukupnya, lalu ditutup dengan kapa$. Lakukan dua kali $ehari.

Menghilangkan bau mulut
Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh dicuci lalu di$eduh dengan 200 cc air panas, diamkan $elama lima menit. Kemudian, di$aring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan $etiap hari $ecara rutin.

Mengata$i $inu$iti$
Cara membuat dan Menggunakan :
Cengkeh $ecukupnya dikeringkan, digiling $ampai menjadi bubuk, lalu ditiupkan ke hidung dengan menggunakan $edotan dengan ukuran $ecukupnya.

$ebagai obat mual
Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh, 20 gram a$am jawa, dan gula aren $ecukupnya direbu$ dengan 400 cc air $ampai ter$i$a 200 cc. Kemudian ramuan di$aring dan diminum $elagi hangat untuk dua kali $ehari, $etiap kali minum $ebanyak 100 cc.

Mengata$i kembung
Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh di$eduh dengan air pana$ lalu diminum $ebagai teh. Atau, 5 $ampai 10 butir cengkeh dima$ukkan pada buah pir yang dilubangi dan dibungku$ dengna kerta$ aluminium foil lalu dibakar hingga matang. $etelah matang, cengkehnya dibuang dan pirnya dimakan.

Obat ma$uk angin
Cara membuat dan Menggunakan :
10 tete$ minyak cengkeh di$eduh dengan 50 cc air pana$, tambahkan madu $ecukupnya, diaduk $ampai merata lalu diminum $elagi hangat. Lakukan 2 $ampai 3 kali $ehari.

Demikian informasi khasiat cengkeh untuk kesehatan, semoga bermanfaat.